Idea Nursing Journal
Vol 4, No 3 (2013): Idea Nursing Journal
Vol 4, No 3 (2013): Idea Nursing Journal
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH BANDA ACEH
Article Info | ABSTRACT | |
Published date: 26 Sep 2014 |
Motivasi merupakan sebuah konsep eksplanatoris yang dimanfaatkan untuk memahami perilaku-perilaku yang diamati. Perawat harus memiliki tiga kemampuan yaitu: pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Prestasi akademik merupakan perubahan dalam hal kecakapan tingkah laku ataupun kemampuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan indeks prestasi akademik pada mahasiswa PSIK-FK Unsyiah Banda Aceh Tahun 2013. Jenis penelitian adalah deskriptif korelatif menggunakan desain cross sectional study. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 26 item pernyataan dalam skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji statistik chi-square, hasil penelitian adalah ada hubungan antara hasrat dan keinginan belajar/berhasil (P-value 0,001), dorongan kebutuhan belajar (P-value 0,000), harapan akan cita-cita (P-value 0,000), penghargaan (P-value 0,024), lingkungan belajar yang kondusif (P-value 0,001), kegiatan yang menarik (P-value 0,025) dengan indeks prestasi akademik pada mahasiswa. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar (P-value 0,000) dengan indeks prestasi akademik pada mahasiswa PSIK-FK Unsyiah Banda Aceh Tahun 2013. Institusi pendidikan disarankan untuk lebih meningkatkan sarana dan prasarana serta kemampuan mahasiswa sehingga menjadi perawat profesional.
Copyrights ©
2014 |
Original source: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/INJ/article/view/1509