Logo IPI UNISSULA
Journal > JSME MIPA UNIMA > PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 6 TONDANO

 

JSME MIPA UNIMA
Vol 3, No 7 (2015): fisika
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 6 TONDANO
Article Info   ABSTRACT
Published date:
25 May 2015
 
ABSTRAK. Kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah pada konsep IPA Fisika memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian  ini bertujuan untuk  mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Fisika yang signifikan antara kelompok siswa yang menggunakan model PBL (Problem Based Learning)  dengan kelompok siswa yang menggunakan  model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan Posttest-Only Control Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan  menggunankan teknik Random Sampling. Sampel penelitian berjumlah 19 siswa kelompok eksperimen dan 19 siswa kelompok kontrol. Pengambilan data menggunakan tes pilihan ganda yang telah di uji validitas dan realibitasnya. Analisis data menggunakan uji-t, data hasil perhitungan thitung sebesar 3.345, sedangkan tteabel pada taraf signifikan 0.05 sebesar 1.734, maka dapat dikatakan thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan  model Problem Based Learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.   Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Influnce Using The Model Of Problem Based Learning Achievement Physics Sciences Of  Student’s in SMP Negeri 6 Tondano ABSTRACT Ability to analyze and solve problems in physics science concepts have an influence on the results students. The  aims of this research was to determine the difference in average student learning achievement  in science subjects Physics significantly between groups of students who use the model of Problem Based Learning with a group of students which uses conventional learning models. This research used experimental research with Posttest-Only Control Design. Sample is taken using of Random Sampling technique. These samples included 19 students experimental group and 19 c students ontrol group. Retrieving data using multiple-choice test that has been in the validity and realibitasnya. Data analysis using t-test, the data calculation results thitung 3.345, while tteabel at 0.05 significant level of 1.734, it can be said thitung> ttabel. This indicates that the H0 is rejected and Ha accepted. Based on the above study, it can be concluded that the average student learning achievement are taught with problem based learning model is higher than the results of student learning using conventional learning models. Key words: Problem Based Learning,  Achievement Learning
Copyrights © 2015